The Dubai Mall Menjadi Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia

The Dubai Mall Menjadi Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia. Pusat perbelanjaan atau populer dengan sebutan mall merupakan destinasi yang cukup menarik. Terutama bagi para penggemar shopping. Terlebih di pusat kota seperti Jakarta, yang seringkali menyediakan mall luas serta lengkap, sampai terasa sangat melelahkan apabila kita mengitarinya. Namun ternyata, ini belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan The Dubai Mall.

The Dubai Mall Menjadi Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia yang berada di pusat Kota Dubai, Uni Emirat Arab. Mall yang mampu mengalahkan kawasan perbelanjaan lain di dunia ini berdiri sejak 2007 silam. Namun, tempatnya baru resmi dibuka untuk umum pada awal November 2008.

Gaith bin Ahmad Al Muhairbi selaku pemilik resmi mempercayakan pembangunan kepada DP Architects. Perusahaan arsitektur asal AS yang mampu membuat rancangan desain kontemporer di mall Dubai dengan sangat keren.

The Dubai Mall Menjadi Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia

The Dubai Mall dan Sejuta Pesonanya

Di bawah pengelolaan Mal Emaar Group, Dubai Mall berhasil berkembang pesat dalam waktu singkat. Mereka bahkan mampu menyabet banyak penghargaan bergengsi. Salah satunya predikat mall terbesar dengan luas 1.124.000 meter persegi.

Tepat di tahun pertama beroperasi, mall ini bahkan sudah menampung sebanyak 37 juta pengunjung. Dengan rata-rata jumlah pengunjung 750.000 setiap minggunya. Hal yang sontak membuat para kompetitor di negara-negara lain geleng-geleng kepala.

Memasuki tahun 2011, The Dubai Mall mendapat predikat sebagai destinasi belanja serta rekreasi terpopuler. Dalam waktu singkat jumlah pengunjung menjadi naik hingga 56 juta jiwa dan terus mengalami peningkatan hingga sekarang.

Kepopuleran Dubai Mall di mata pengunjung seluruh penjuru dunia sangatlah wajar. Selain karena lokasinya di pusat kota, dekat bangunan Burj Khalifa, mall ini juga menyediakan ribuan wahana menarik. Beberapa yang paling populer diantaranya:

1. Akuarium Berpanel Akrilik Terbaik

Daya tarik paling menonjol di Dubai Mall adalah akuarium indoor berpanel akrilik terbaik dan terbesar di dunia. Ukurannya mencapai 32.88 m (lebar) × 8.3 m (tinggi) × 750 mm (tebal) dengan berat 245 ton. Saking hebatnya, akuarium ini bahkan masuk dalam Guinness Book of World Record.

Di ruangan sebesar ini terdapat lebih dari 33 ribu spesies air salah satunya ikan hiu. Tidak sekedar melihat, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Sebut saja snorkeling, naik perahu di bawah kaca, serta berenang bersama hiu.

2. Play DXB

Berikutnya ada taman hiburan indoor milik The Dubai Mall yang memiliki luas hingga 7.100 meter persegi. Wahana bermain super fantastis ini dulunya memiliki nama Sega Republik. Namun setelah kontraknya berakhir, namanya berubah menjadi Play DXB.

Play DXB menyediakan 15 wahana permainan terpopuler serta ratusan jenis game lain yang sangat menantang. Termasuk Xyclone, Robotnik, Mobil Bumper, Labirin Laser, Rope Rush, dan masih banyak lagi.

3. Wahana Ice Skating Sekelas Olimpiade

Bagi para penggemar ice skating, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan mencoba wahana satu ini jika sedang ke Dubai Mall. Uniknya, arena ice skating yang tersedia menyerupai standar olimpiade. Bahkan, gelanggang esnya dua kali lebih tebal dari gelanggang es NHL. Arena bernama The Dubai Ice Rink ini juga pernah menjadi tuan rumah Emirates Hockey League.

4. Reel Cinemas

Sama seperti mall-mall di seluruh dunia, The Dubai Mall juga menyediakan fasilitas bioskop. Hebatnya, kawasan di bawah lisensi Emaar Entertainment ini sudah mengantongi sertifikat THX pertama di Dubai. Di dalamnya tersedia 4 bioskop dengan 17 ruang komersial super eksklusif.

5. Air Terjun Ilusi

Wahana Dubai Mall lain yang tak kalah menakjubkan adalah air terjun ilusi. Ini menjadi ikon paling menarik atensi dan kerap pengunjung jadikan sebagai background untuk berfoto. Meski hanya ilusi, namun pemandangan di sekitarnya tampak sangat nyata. Bahkan atmosfernya juga seperti sedang berada di alam bebas. Tak heran jika pengunjung betah berlama-lama.

6. Simulator Penerbangan

Jika menginginkan suasana liburan yang berbeda, para pengunjung bisa mencoba wahana simulator penerbangan Edge. Ini adalah wahana menarik yang memungkinkan pengunjung menavigasi pesawat terbang tipe Emirates A380. Sangat menarik bukan? Kapan lagi jalan-jalan ke mall sambil merasakan sensasi menjadi pilot?

7. Wahana Edukasi Dubai Dino

The Dubai Mall berupaya memberikan fasilitas publik yang tidak hanya lengkap dan mewah, tapi juga memiliki sisi edukasi. Hal tersebut mereka buktikan dengan adanya wahana Dubai Dino.

Sebuah kawasan yang menampilkan fosil asli Diplodocus berukuran tinggi 7 meter serta panjang 24 meter. Sehingga pengunjung anak-anak bisa sambil belajar tentang kehidupan zaman purbakala.

8. Pojok Kuliner

Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan pastinya kurang lengkap jika tidak kulineran, apalagi di Dubai Mall. Pusat perbelanjaan raksasa ini memiliki banyak sekali outlet makanan baik lokal maupun internasional. Wisatawan bisa memanjakan lidah mereka dengan berbagai macam makanan mulai dari makanan ringan hingga berat.

Salah satu pojok kuliner yang cukup terkenal adalah Candylicious. Brand permen terkemuka itu memiliki outlet hingga ribuan meter. Di dalamnya menyediakan ratusan ribu jenis permen yang mungkin tidak bisa Anda temukan di mall lainnya.

9. Kawasan Belanja dari Pangkal hingga Ujung

Terakhir, untuk kawasan belanjanya sendiri, Dubai Mall terdiri atas 1.200 ritel. Toko yang tersebar dari lantai dasar hingga ujung ini sebagian besar didominasi brand-brand internasional. Mulai dari Hermes, Henry Jacques, LV, Channel, Bvlgari, Cartier, Chloé, hingga Chopard.

Brand-brand tersebut membawa varian produk super lengkap. Sebut saja dompet, tas, sepatu, jam tangan, baju, serta masih banyak lagi. Sehingga bukan hal mengherankan jika hampir masyarakat di seluruh dunia mengklaim The Dubai Mall sebagai “surga belanja”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *